Penyepuhan dan pemurnian Logam

Image

Sel elektrolit dapat dimanfaatkan unutk berbagi macam keperluan industri. Salah satunya ialah penyepuhan logam dan pemurnian logam dari pengotorannya.

1.  Penyepuhan logam

Apakah kamu pernah mengamati benda-benda logam yang ada di sekitarmu, seperti sendok,garpu, stik golf, dan klip kertas? Apakah benda-benda tersebut mudah berkarat? Tidak, bukan. Benda-benda tersebut tidak mudah berkarat karena disepuh dengan logam.

Penyepuhan logam sering dikenal dengan istilah electroplating. Electroplating merupakan peapisan logam dengan logam lainnya melalui proses elektrolis. Electroplating sering digunakan untuk menghasilkan benda-benda yang lebih menarik dan tahan lama, misalnya pisau, garpu (yang dilapisi denga perak), atau bemper mobil (yang dilapisi dengan kromium). Electroplating juga digunakan untuk melindungi logam dari korosi.

Logam besi atau baja mudah terkena korosi atau karat. Untuk melindungi besi atau baja dari korosi makannya besi atau baja tersebut dilapisi oleh suatu logam yang sukar teroksidasi, misalnya logam nikel, timah, perak , atau emas.

Pada proses electroplating, benda (logam) yang akan dilapisi dugunakan sebagai kutub katoda dan logam yang melapisi digunakan sebagai kutub anoda. Larutan elektrolit yang digunakan mengandung garam dari logam yang akan melapisi. Arus listrik yang kecil meyebakan ion-ion loigam yang berasal dari larutan elektrolit menangkap elektron (terjadi reaksi reduksi) dan terendapkan dengan membentuk lapisan pada kutub katoda. Hal itu menyebabkan atom-atom logam pada kutub anoda kehilangan elektron (terjadi reaksi oksidasi) dan larut dalam larutan elektrolit sebagai ion.

2. Pemurnian logam

Prinsip pemurnian logam sama dengan penyepuhan logam, yaitu menggunakan metode elektrosisis denga elektrida aktif. Contoh pemurnian logam sebagai berikut.

  • Pemurnian logam tembaga

Tembaga yang tidak murni dihasilkan dengan merekduksi bijih besi dalam tanur tinggi. Tembaga yang tidak murni tersebut mengandung beberapa logam, seperti perak, emas, platinum, besi, seng, dan nikel. Tembaga dapat dimurnikan dengan proses elektrisisis. Preses permurnian logam dikenal dengan nama electrorefining tembaga. 

Posted on July 14, 2012, in education. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: