petir atau kilat

Image

Mempelajari Kilat

Di Arizona dan New Mexico, para peneliti memanfaatkan kehadiran badai kilat untuk mempelajari fenomena alam yang sangat spektakuler tetapi sangat sulit ditangkap ini. Para peneliti memasang kamera video dan perangkat lain di atas bangunan berlantai lima di University of Arizona dan merekam 386 gambar kilat yang menyembar dari awan ke tanah. Ketika para peneliti menganalisis rekaman video itu, mereka menemuka bahwa di dalam 25 persen peristiwa itu, kilat membagi diri, setidk-tidaknya, ke dalam dua aliran saat menuju tanah. National weather service mencatat sebanyak 100 kejadian berakibat fatal dan mungkin 500 kejadian yang menimbulkan luka setiap tahun karena sengatan kilat.

Kilat terjadi bila listrik bermuatan positif an bermuatan negatif dalam jumlah yang sangat besar terbentuk di antara awan dan tanah. Ketika aliran listrik menjadi cukup kuat, uap air atau titik-titik air hujan di udara menjadi konduktor dan sambran kilat yang bercabang-cabang halus menyerbu bumi, memanaskan udara yang dilaluiya, dan menaikkan suhu menjadi lima kali lipat lebih panas daripada permukaan matahari. 

Posted on July 14, 2012, in education. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: