Tips Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa nyeri pada gigi. Sakit gig adalah penyakit yang menyiksa bagi penderitanya. Bila seseorang menderita sakit gigi, maka orangnya menjadi sensitif terhadap bunyi-bunyian yang keras. Sakit gigi disebabkan karena beberapa masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

Penyebab

Penyebab sakit gigi umum meliputi rongga gigi, abses gigi, penyakit gusi, iritasi akar gigi, sindrom gigi retak, temporomandibula bersama (TMJ) gangguan, impaksi, dan erosi gigi.

Disini saya akan memberikan iformasi tentang bagaimana mengobati sakit gigi dengan obat alami…

  • Es Batu

Es batu dapat membantu meringankan sakit gigi, caranya ambil sepotong kecil es batu dan letakkan diantara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, rasakan perlahan rasa sakit itu mulai akan hilang. Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60-90% rasa sakit yang anda rasakan cepat menghilang. Lebih aman daripada obat pereda sakit kimia.

  • Bawang Putih

Potong halus si bawang putih, kemidian teburkan sedikit garam. Kunyak di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi anda akan menghilang perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat srtuktur tulang gigi anda.

  • Bawang Merah

Bukan hanya si bawang putih saja, karena si bawang merah juga tidak ketinggalan untuk meringankan rasa sakit gigi anda, kandungan enzim dalan bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut. Jadi anda akan memperoleh manfaat lain dengan menggunakan bawang merah ini.

  • Jeruk Nipis

Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai perda sakit gigi anda.

Minyak Cengkeh

Anda mungkin tahu bahwa cengkeh adalah salah satu komposisi penyusun rokok. Namun berbeda dengan fungsi cengkeh pada rokok, sari minyak cengkeh sangat manjur untuk menyelamatkan gigi anda dari serangan rasa ngilu. Caranya mudah, oleskan minyak cengkeh pada gigi anda dengan bantuan kapas.

  • Garam

Dibalik rasa asin garam, kandungan yodium yang tinggi juga meringankan ngilu gigi. Caranya mudah, taburkan garam dalam segelas air mineral hangat. Aduk kemudian gunakan sebagai sarana mouthwash. Berkumurlah setidaknya sampai anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi. Tidak dianjurkan langsung memakan garam, karena selain pasti asin banget, juga malah kurang menyebar di sela-sela gigi.

  • Tepung Lada

Jagalah kebersihan gigi dengan tepung lada, gunakan sedikit tepung lada dengan ¼ ssendok teh garam. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi, anda bisa menempatkan capuran tepung lada dan minyak cengkeh de dalam lubang gigi. Gigi sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.

  • Cabai Hijau

Tempelkan pada gigi yang sakit cabai hijau secukupnya yang dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Gunakan secara teratur dua kali sehari.

  • Avokad dan Daun Kembang Sore

Keringkan satu biji avokad, lalu haluskan dampai menjadi bubuk. Setelah itu masukkan bubuk biji avokad ke gigi yang berlubang, kemudian tutup dengan kapas. Anda juga bisa menggunakan daun kembang sore. Ambil beberapa daun, rebus hingga matang dengan air. Tiriskan lalu diminum sambil dikumur.

  • Belimbing Wuluh

Ambil beberapa buah belimbing wuluh. Cuci bersihm, makanlah dengan menggunakan garam. Kunyah dengan menggunakan gigi yang sakit.

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya…

Posted on September 24, 2012, in general. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Cukup bermanfaat,
    alhamduliah, ga pernah sakit gigi.

  2. Klw g smbuh jg mah pke kmpak ja bang,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: